Regulasi Mobil Murah Belum Keluar-Bagaimana Nasib Agya-Ayla ?

toyota Agya

Foto Peluncuran Toyota Agya di IIMS (Image by otomotifnet.com)

Pada beberapa waktu yang lalu Grup Astra sudah gembar-gembor akan meluncurkan dua model mobil murah yakni Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla di Jakarta. Namun yang jadi pertanyaan adalah : Kapan mobil ini akan dijual ? Mengingat regulasi mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) hingga detik ini belum juga dikeluarkan oleh pemerintah.

peluncuran daihatsu ayla

Foto peluncuran Daihatsu Ayla (Image by mediaindonesia.com)

Padahal sebelumnya sempat dikabarkan bahwa ketetapan terkait hal tersebut akan dikeluarkan pada akhir tahun 2012 ini. Pemerintah berdalih bahwa hal tersebut perlu dilakukan mengingat masih perlu dipertimbangkannya beberapa faktor yang tidak bisa diabaikan oleh setiap agen tunggal pemegang merek (ATPM) di Indonesia. Beberapa hal yang masih menjadi perhatian dari pemerintah adalah mengenai kesiapan industri pendukung yang menurut pemerintah masih belum terlaksana dengan cukup baik.

Salah satu yang jadi titik pokok yang dapat mempengaruhi keputusan pemerintah adalah mengenai industri komponen yang harus benar-benar telah disiapkan oleh pihak ATPM. Beberapa survey menyatakan bahwa ternyata ada beberapa pihak yang bahkan belum memiliki kesiapan yang matang terkait hal ini. Pertimbangan lainnya adalah untuk menetapkan insentif yang dimanfaatkan para ATPM, pemerintah menetapkan tingkat kandungan lokal bukan hanya dari presentase, melainkan dari grup komponen. Di dalam setiap grup komponen itu dijelaskan dengan rinci mengenai produk-produk yang wajib diproduksi lokal. Sampai kini, pemerintah sudah menggolongkan total 12.000 jenis komponen dalam 115 kelompok rangkaian (grup) komponen. Hal ini dilakukan agar pemerintah tidak melakukan kesalahan yang nantinya justru akan menghambat insentif untuk ATPM.

Dapat dilihat dari sini bahwa sebenarnya pemerintah hanya sedang menunggu kerja sama yang baik yang dapat diberikan oleh pihak ATPM itu sendiri. Semakin cepat pihak ATPM melengkapi semua persyaratan dari pemerintah maka semakin cepat pula keputusan mengenai regulasi dikeluarkan.

Namun tetap saja molornya keputusan terkait hal ini tentu saja bisa membuat para pelaku industri otomotif seperti Astra menjadi khawatir. Contohnya saja jika ternyata keputusan terkait regulasi ini molor hingga tahun depan maka alangkah malangnya nasib Astra yang melalui Toyota dan Daihatsu sudah membuat dan memamerkan mobil murahnya, Agya-Ayla.

Apa mungkin kalau seumpama keputusan ini tidak keluar di akhir tahun maka Agya-Ayla akan dijual di pertengahan tahun 2013 kelak ? Atau ini hanya akal-akalan pemerintah saja untuk menekan para pelaku industri otomotif yang sepertinya sedang berada di singgasana yang nyaman. Lalu bagaimana dengan niat pemerintah yang katanya ingin mengurangi subsidi BBM jika keputusan ini masih juga belum dikeluarkan.

Sementara dari pihak ATPM sendiri seharusnya lebih concern lagi terhadap hal ini mengingat target pasar yang sedang diincar oleh pabrikan penghasil mobil murah ini khan seluruh Indonesia, jadi demi kelancaran dan kemulusan penjualannya tentu mereka juga harus memperhatikan secara penuh mengenai industri pendukung agar tidak membuat konsumen mendapatkan kesusahan di kemudian harinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *