Modifikasi Yamaha Nouvo Z

Modifikasi Yamaha Nouvo Z 2005 Milik Acung

BlogOtomotif – Berawal dari keinginan untuk tampil lain dari yang lain, akhirnya Uwan alias Acung memutuskan untuk merombak tampilan Yamaha Nouvo-Z miliknya. Idenya tersebut ia realisasikan dengan bekerja sama pada Jimmy Hamdani yang merupakan teman sekaligus seorang mekanik Schnell Motorsport yang bermarkas di Jl. Tubagus Angke No. 38, Jakarta Barat .Konsep awalnya adalah merombak tebeng depan yang terisnpirasi oleh Nouvo versi Vietnam yang sempat ia baca di salah satu majalah otomotif.

Project modifikasi Yamaha Nouvo Z dimulai. Jimmy dan Acung sepakat untuk mengganti setang Nouvo dengan setang Xeon terlebih dahulu untuk memudahkan jalannya modifikasi. Penggantian setang ini selain memudahkan ketika memasang batoknya, posisi kedudukannya juga tidak akan mengganggu tebeng depan yang rencananya diganti dengan produk motor sejenis namun beda pabrikan.

Memapas tebeng atas bukanlah perkara mudah karena dudukan setang di komstir tidak dicustom ulang. Namun dengan menggeser breket setang sekitar 3 mm ke belakang dari pegangan aslinya maka hal tersebut dapat dilakukan dengan mulus. Kemudian agar kuat maka perlu ditambah pelat lalu dilas kembali agar kedudukannya kokoh.

Modif-Yamaha-Nouvo-Z-2005

Untuk perubahan warna, Acung memilih untuk merubah warna asli motornya menjadi hitam dipadu oranye agar terkesan tidak pasaran. Kemudian selain ubahan di batok, tebeng depan dan aplikasi produk variasi, Acung juga tidak lupa untuk meningkatkan performa skubeknya menjadi di atas rata-rata. Tak pakai lama, Jimmy pun mulai mengup-grade bagian mesin melalui langkah bore up kapasitas silinder hingga menjadi 155 cc.

Seher diganti dengan miliknya GL125 diameter 58,5 mm dengan stroke asli. Lalu di bagian head, klep sonic diameter 28/23 diatur noken as Kawahara custom lantaran menggunakan pelatuk roller merek yang sama. Durasinya disetting 268 derajat in dan out agar memberikan performa yang lebih baik dari bawah ke atas. Tidak tanggung-tanggung selain melakukan setting ulang karbunya, Acung juga memilih knalpot merek Tshukigi agar motornya jauh dari kesan kalem.

DATA MODIFIKASI

  • Sok belakang: YSS Z series
  • Pelek: TDR 1,40/17
  • Per CVT: 2.000 rpm
  • Airbrush: Andri Design

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *