hit counter html code

Intip Kelebihan dan Kekurangan TVS Dazz

Intip Kelebihan dan Kekurangan TVS Dazz

SPG-Cantik-TVS-Dazz

Blog Otomotif – PT TVS Motor Company Indonesia (PT TVS-MCI) resmi meluncurkan varian skutik terbarunya yang diberi nama ‘TVS Dazz‘. Skutik pertama TVS di Indonesia ini dilepas dengan harga yang sangat terjangkau, jauh dibawah harga skutik dari pabrikan Jepang.

Dengan banderol harga sebesar Rp 9,99 juta OTR Jakarta, skutik ini nantinya pasti akan berstatus motor murah. Tapi menurut Herry Budijanto selaku Chief Marketing Officer PT TVS Motor Company Indonesia, meskipun dijual dengan harga yang murah namun TVS Dazz tidak murahan.

Lalu apa saja sih kelebihan dan kekurangan TVS Dazz, yang katanya tidak akan memberikan janji-janji palsu untuk konsumen di Tanah Air tersebut ? Berikut ini ulasannya :

DIMENSI

TVS Dazz ini memiliki dimensi panjang 1.875 mm, lebar 675 mm dan tinggi 1.050 mm dengan jarak as roda 1.240 mm. Motor ini memiliki jarak ke tanah sekitar 115 mm dan bobot seberat 92 kg.

DESAIN

Motor-Matik-Terbaru-TVS-Dazz

Desain bodi skutik TVS Dazz ini dirancang sesuai dengan kontruksi masyarakat di Indonesia. Terlihat dari bentuknya yang cukup ramping, agresif, dan atraktif.

Dengan bodi sudut tajam dan agresif, TVS Dazz ini lebih ditargetkan pada perempuan yang memang menginginkan sepeda motor yang mudah dikendarai di sudut-sudut perkotaan. Namun, sepeda motor ini juga cukup tangguh dan gagah bagi pria yang mengingnkan kendaraan yang dapat diandalkan.

KOMPONEN

Khusus untuk bagian frame, ban, handle bar dan beberapa unit lainnya merupakan murni komponen lokal. Sementara beberapa komponen sisanya seperti engine, teknis kabel-kabel, head lamp, CDI serta beberapa metal lainnya masih dikirim dari India.

Menurut PT TVS-MCI, headlamp TVS Dazz ini masih didatangkan langsung dari India karena reflektornya dianggap lebih bagus. Begitu juga dengan CDI yang digunakannya.

BAN

Tidak seperti kebanyakan skutik yang masih menggunakan ban dengan ban dalam, meski berharga murah namun TVS Dazz telah hadir dengan ban tubeless. Ini merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh TVS Dazz karena ban tubbeles sangat sesuai dengan karakter jalanan Indonesia yang rawan akan ranjau paku.

Ukuran ban depan TVS Dazz adalah 80/90-14 M/C 40P tubeless, sementara ukuran ban belakangnya adalah 90/80-14 M/C 43 tubeless.

FITUR UNIK

TVS-Dazz

Selain telah dibekali dengan ban tubeless, kelebihan lain yang dimiliki oleh TVS Dazz adalah adanya fitur Handphone Charger yang merupakan pertama kalinya ada pada skutik di Indonesia. Fitur Handphone Charger TVS Dazz ini terletak di bawah setang kiri dekat kunci kontak.

Menurut PT TVS-MCI, fitur unik tersebut sengaja dipasang mengingat kebiasaan masyarakat Indonesia yang memang tidak bisa lepas dari ketergantungan akan ponsel.

FITUR KEAMANAN

TVS Dazz memIliki fitur keamanan yang cukup mumpuni dimana terdapat fitur tuas pengunci rem (parking brake lock) pada stang bagian kiri. Dengan tuas pengunci ini kendaraan Anda tetap stabil dan tak perlu khawatir manakala berhenti atau parkir di tanjakan atau turunan.

Untuk menunjang daya cengkram pengereman, maka rem depan TVS Dazz telah menggunakan cakram 200 mm, sementara rem belakang Drum 130 mm.

TANGKI

Tangki TVS Dazz sanggup menampung bahan bakar hingga 5,3 liter. Ini artinya kapasitas tangki bahan bakar motor ini terbilang yang paling besar di kelasnya.

DAPUR PACU

Untuk urusan dapur pacunya, TVS Dazz dilengkapi mesin 4 langkah, SOHC, pendingin udara, bore x Stroke 53,5×48,8 mm, dengan kapasitas mesin 109,65 cc yang mampu menghasilkan daya maksimum 8.34 bHp (6.14 kW) pada 7.500 rpm dengan torsi maksimum 8,3 Nm pada 5.500 rpm dan sistem pengkabutannya UCAL VM17. Sebagai penunjang kelistrikannya, starter TVS Dazz menggunakan electric dan kickstarter, battery maintenance free 12V 3.5 Ah dan tipe businya UR4KC.

Dengan teknologi mesin low friction over square engine, TVS Dazz diklaim sanggup membuat kendaraan semakin nyaman dan awet dengan waktu jarak tempuh yang lebih tinggi.Tidak itu saja, mesin TVS Dazz juga dikatakan lebih bandel, tahan lama, lebih bertenaga dan kencang serta lebih irit bahan bakar.

Yang perlu diperhatikan disini, sistem pengapian bahan bakar TVS Dazz masih mengandalkan karburator. Jadi bisa dibilang ini merupakan salah satu kekurangan yang dimiliki oleh TVS Dazz, di tengah gempuran motor-motor matik buatan Jepang yang belakangan ini saling berlomba-lomba menghasilkan motor dengan teknologi injeksi.

PT TVS-MCI berkilah bahwa alasan mereka masih keukeh menggunakan karbu adalah karena masalah kualitas bahan bakar bensin yang digunakan di Indonesia dianggap masih kurang pas diterapkan pada sistem injeksi.

HARGA

Sesuai dengan tagline yang diusungnya : ‘Kamu dan Dompet Setuju’, harga TVS Dazz dibikin cukup terjangkau yakni hanya Rp 9,99 juta on the road DKI Jakarta. Sebagai motor matik yang dijual dengan harga jauh lebih murah ketimbang motor matik keluaran pabrikan Jepang, tentunya akan banyak konsumen yang merasa skeptis dengan kualitas motor terbaru dari TVS tersebut. Karena itulah, demi meyakinkan calon konsumennya, TVS berani memberikan garansi selama lima tahun, serta gratis ganti oli gratis selama satu tahun bagi konsumen yang mau membeli TVS Dazz.

Berikut ini Spesifikasi lengkap TVS Dazz :

Mesin

Tipe mesin : 4 langkah, SOHC, berpendingin udara

Bore x Stroke : 53,5×48,8 mm

Kapasitas mesin : 109,65 cc

Daya maksimum : 8,34 bHp (6,14 kW) @7500 rpm

Torsi maksimum : 8,3 Nm @5500 rpm

Tipe karburator : UCAL (VM17MJ85)

Rangka

P x L x T : 1875x675x1050 mm

Jarak as roda : 1240 mm

Jarak ke tanah : 115 mm

Berat : 92 kg

Kapasitas tangki bahan bakar : 5,3 liter

Ban dan suspensi

Ukuran ban depan : 80/90-14 M/C 40P Tubeless

Ukuran ban belakang : 90/80-14 M/C 43P Tubeless

Rem depan : Cakram 200 mm

Rem belakang : Drum 130 mm

Tipe suspensi depan : Telescopic shockabsorber

Tipe suspensi belakang : Single shockabsorber

Kelistrikan        

Starter : Electric dan kickstarter

Battery : Maintenance free 12v 3,5 Ah

Tipe busi : UR4KC

5 Responses to "Intip Kelebihan dan Kekurangan TVS Dazz"

  1. DAMAR.078  4 November 2014 at 2:50 pm

    boleh saya bertanya……masalah suku cadang gimana?
    jika ada masalah apakah bisa mengklaim?
    maaf sebelumnya,apakah nanti bila sudah mencapai target akan hilang begitu saja?
    seperti tetangga sebelah BAJAJ
    terimakasih

    Reply
    • Agus Hadi Wijaya  4 November 2014 at 5:20 pm

      Untuk suku cadang asli tentu bisa dikonsultasikan langsung ke pihak diler yg beroperasi di wilayah Anda berada. Harus diakui untuk saat ini jaringan PT TVS-MCI memang masih sangat terbatas. Lalu tentang pertanyaan Anda yg kedua ‘apakah nanti bila sudah mencapai target akan hilang begitu saja?’ Kalau utk yg satu ini kita jg sama-sama tidak tahu pak, tergantung bagaimana kondisi & respon dari pasar itu sendiri terhadap produk dari TVS, lagipula Bajaj dan TVS tdk bs disamakan mengingat segmen dan target market yg mereka tuju jg tidak sama (berbeda).

      Reply
  2. joni  15 November 2014 at 4:52 am

    Tvs udh ada pabrik di indonesia. Dan bukankah sparepart bs dilayani scr online yaa…

    Reply
    • Agus Hadi Wijaya  15 November 2014 at 12:35 pm

      Yup, terima kasih atas info tambahannya =)

      Reply
  3. widyan  30 November 2014 at 11:52 pm

    Pak saya mau tes drive, untuk wilayah jakarta timur dimana pak

    Reply

KOMENTAR

Your email address will not be published.