Ertiga Lama Dipasangi Double Blower?

Suzuki-Ertiga-Double-Blower

Blog Otomotif – Jika anda merupakan seorang pemilik Suzuki Ertiga lama (Ertiga single blower), apakah pernah terbersit di benak anda untuk memasang blower tambahan agar tidak kalah dengan varian terbaru Ertiga yang saat ini sudah dilengkapi dengan double blower ?

Meskipun terdengar sepele namun kenyataannya untuk mewujudkan mimpi tersebut bukanlah perkara mudah. Pasalnya, bengkel resmi Suzuki tidak menyediakan paket penggantian seperti yang dimaksud. Satu-satunya kemungkinan adalah memasangnya di bengkel tertentu yang mungkin menyanggupi untuk mengerjakan penambahan/penggantian komponen AC pada mobil keluaran Suzuki tersebut.

Pihak resmi , PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bahkan sudah menegaskan bahwa Ertiga single blower tidak bisa serta merta diubah begitu saja menjadi double blower. Selain rumit, sejumlah hal menjadi alasan mengapa perubahan itu tidak bisa dilakukan di bengkel resmi. Beberapa diantaranya adalah masalah biaya (patokan harga) dan teknis pengerjaan.

AC-Suzuki-Ertiga-Terbaru

Kendala tersebut rupanya tidak berhenti sampai disitu saja. Selain dianggap nekat karena akan mempengaruhi usia pakai komponen AC, penambahan blower pada MPV Ertiga single blower juga berdampak pada pengguguran garansi pabrik yang terkait pada kinerja AC. Tapi garansi lain masih bisa berlaku selama tidak ikut diutak-atik. Artinya kalaupun anda berhasil menemukan bengkel yang menyanggupi pengerjaan penggantian komponen AC Ertiga maka anda harus rela mengorbankan garansi pabrikan yang berharga.

Pihak resmi SIS juga menjelaskan bahwa perubahan AC Ertiga dari single ke double blower terlalu berisiko. Bahkan bisa saja membahayakan komponen AC di Ertiga yang dimiliki konsumen bersangkutan. Jadi kalau anda ngebet banget kepingin Ertiga double blower yang mau gak mau harus beli yang baru deh.

Seperti diketahui, PT Suzuki Indomobil Sales baru saja resmi melepas varian AC double blower pada keluarga Ertiga tipe GL dan GX. Hanya Ertiga tipe GA yang tidak diberi fasilitas tambahan ini. Harga kedua mobil tersebut-pun mengalami kenaikan alias lebih mahal sekitar Rp 4,8 jutaan dibanding versi single blower-nya.

Jika Ertiga versi GL single blower dijual Rp 156 juta dan GX Rp 168 juta. Maka pada versi double blowernya versi GL dihargai Rp 160,8 juta dan tipe GX dijual Rp 172,8 juta. Namun meskipun harganya naik ternyata respon konsumen terhadap varian terbaru Suzuki tersebut tetap positif. Hal ini terbukti dari 18 hari sejak peluncurannya, Ertiga Double Blower sudah dipesan hingga 4.438 unit. Ini artinya setiap hari ada sekitar 246 orang yang inden Ertiga model terbaru ini di berbagai wilayah.

Suzuki Ertiga double blower memang bukan hanya sekedar menawarkan kelebihan dari sisi penyejuk di dalam kabin saja. Mobil ini juga mendapat perubahan yang dapat terlihat jelas pada sisi grill depan krom (New Chrome Front Grille) yang terlihat lebih modern (tipe GX, GL), dan bagian belakang pada sisi New Back Door Garnish (tipe GX).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *